Nusantara

Sah, Syahrial Oesman Pimpin Paguyuban Nusantara Sumsel Bersatu

 

Oleh: Rio AP

Wartamelayu.com, Palembang — Syahrial Oesman kini resmi menahkodai Paguyuban Nusantara Sumsel Bersatu (PNSB) untuk periode 2019-2024 mendatang. Dia dikukuhkan menjadi ketua umum PNSB di Griya Agung Palembang, Sabtu (12/10).

Menurut Syahrial, pengukuhan ini adalah tahap awal bagi pengurus untuk mengabdi, mendampingi, dan mendukung gubernur dalam membangun Sumatera Selatan. Dia memastikan, pihaknya siap all out mendukung kepemimpinan Gubernur Sumsel Herman Deru.

“Dengan semangat yang ada, saya memastikan siap memanfaatkan potensi yang ada untuk merajut keberagaman di Sumatera Selatan,” ujar dia di Palembang.

Dikatakan dia, sebenarnya paguyuban ini sudah lama dan berperan aktif pada 2004 lalu. Saat itu, kata dia,terjadi bencana tsunami di Aceh. Menurutnya, berkat kekompakan PNSB inilah bantuan Sumsel menjadi salah satu yang tercepat sampai di Aceh.

“Kita kompak, dapat terkumpul uang hingga Rp 2 miliar. Kita sepakat waktu itu berangkat pakai 2 pesawat Sriwijaya Air ke Aceh. Itu salah satu bukti kekompakan kita,” kenang Syahrial.

Dia menjelaskan, dengan semangat kebersamaan yang tinggi itulah maka PNSB bisa kembali lagi eksis untuk Sumatera Selatan yang lebih maju ke depan. “Yakinlah kami di belakang bapak (Gubernur Sumsel). Secepatnya kami akan bentuk kepengurusan di kabupaten dan kota. Ini tak lain agar mendekatkan jarak dan memudahkan koordinasi. Untuk tahap awal ini di Palembang, kemudian Banyuasin dan Ogan Ilir (OI),” ucap dia.

Selain mengawal dan mendampingi Gubernur Sumsel, lanjut dia, tugas utama PNSB utama lain yang tak kalah penting adalah menjaga Sumsel agar tetap zero konflik, baik itu konflik suku maupun agama. “Untuk itu primordialisme kita kurangi dulu di sini agar kita dapat bersatu,” tambah dia.

Sementara itu, Gubernur Sumsel Herman Deru, menambahkan kepada pengurus bahwa amanah yang diberikan ini harus dijaga dengan tanggungjawab penuh. Apalagi, kata dia, PNSB ini juga dinahkodai oleh tokoh agama, akademisi dan lainnya. Sehingga segala prilaku, tutur sapa, dan lisan harus betul-betul dijaga.

“Satu lagi saya tantang ketua umum, sekarang pengurus paguyuban ini sudah dikukuhkan. Kalau paguyuban ini sudah ada tapi HUT Sumsel nanti masih sepi-sepi tidak ada Festival Sumsel, lebih baik bubarkan saja. Ayo tunjukkan bahwa PNSB ini ada dan eksis,” ujarnya.

Terpisah, ketua panitia pelaksana Heriyanto, menjelaskan meski belum memiliki kantor sekretariat, PNSB tetap berkomitmen merajut umat yang terdiri dari beragam etnis untuk membangun Indonesia dan Sumsel. “Tolong bina kami agar PNSB ini benar-benar bermanfaat bagi umat,” tutur dia. (RAP)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close