Ekonomi

Selama 2019, LRT Palembang Angkut Tiga Juta Penumpang

 

Oleh: Rio AP

Wartamelayu.com, Palembang — Menjelang akhir tahun 2019, keberadaan Light Rail Transit (LRT) di Kota Palembang, Sumatera Selatan menunjukkan peningkatan yang cukup positif sebagai alternatif transportasi bagi masyarakat dalam menjalankan aktifitas sehari-hari.

Manager Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI) Divre III Palembang, Aida Suryanti, mengatakan pada 23 Juli 2019 lalu, kereta api ringan itu tepat satu tahun beroperasi dan telah mengangkut 2 juta penumpang.

“Dalam waktu kurang dari 5 bulan setelah satu tahun beroperasi, LRT terus menunjukan respon positif dari masyarakat dengan rata-rata penumpang harian sekitar 6 ribu penumpang dari sebelumnya rata-rata 3 ribu penumpang. Jadi jelang tutup tahun ini telah mengangkut total 3.038.345 penumpang,” ujar dia di Palembang, Jumat (15/11) malam.

Ia menjelaskan, 13 stasiun LRT di Kota Palembang pun mempunyai letak yang strategis, melewati beberapa fasilitas publik dan pusat keramaian sangat mendukung kebutuhan moda transportasi umum bagi masyarakat. “Apalagi, saat ini waktu tempuh terjauh dari stasiun Bandara – stasiun DJKA lebih cepat, menjadi 47 menit dengan headway 18 menit dan di setiap stasiun berhenti selama 20 detik,” jelasnya.

Dikatakan Aida, berbagai upaya terus dilakukan untuk mengajak masyarakat menggunakan LRT sebagai transportasi sehari-hari, dengan melakukan integrasi antar moda Damri dan Trans Musi sehingga masyarakat diberikan kemudahan dalam bertransportasi.

Ia pun menambahkan, selain itu dengan beralih ke transportasi publik dapat mengurangi beban kemacetan di jalan raya dan mengurangi polusi. Saat ini, lanjutnya, jumlah perjalanan LRT di Kota Palembang menjadi 74 perjalanan perhari, dari pukul 06.00 – 20.25 WIB dengan perjalanan terakhir dari stasiun DJKA pukul 18.43 WIB, dan dari stasiun Bandara pukul 19.37 WIB.

“Kami (PT KAI sebagai operator LRT) bersama pihak-pihak terkait dan stake holder lainnya terus melakukan evaluasi dan perbaikan untuk mewujudkan LRT sebagai bagian penting dalam sistem transportasi publik masa depan,” ujarnya. (RAP)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close