Internasional

Setelah Banten, Filipina Juga Diguncang Gempa

Oleh: Rudi Hasan

Wartamelayu.com, Jakarta – Setelah gempa mengguncang Banten pada Jumat (2/8) malam, bencana serupa juga terjadi di Filipina bagian pusat dan selatan pada Sabtu (3/8) dini hari. Mengutip Vietnam Plus, gempa secara bertahap terjadi di sana.

Institut Vulkanologi dan Seismologi Filipina atau Phivoics, menyebut gempa berkekuatan 5,6 magnitudo mengguncang provinsi Davao Occidental pada pukul 12.10 waktu setempat.

Pusat gempa berada 48 km dari kota Jose Abad Santos dengan kedalaman 143 km. Adapun gempa kedua berkekuatan lebih rendah, yakni 5,0 magnitudo. Gempa ini terjadi di Provinsi Samar Utara tepat pukul 01.28 waktu setempat.

Lokasi pusat gempat berada 29 km dari kota Pambujan, Filipina, dengan kedalaman 20 km. Gempa seakan tak henti mengguncang Filipina, lantaran pada minggu lalu, tiga gempa berturut terjadi di Pulau Batanes, Filipina, dan menewaskan 8 orang serta 63 lainnya luka-luka.

Di Indonesia, gempa berkekuatan 6,9 magnitudo mengguncang Banten. Dilaporkan BMKG empat orang tewas lantaran bencana tersebut. (RAP/PS/INI Network)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close