Khazanah

Siapa yang Memaafkan Baginya Surga

Oleh: Herry M Joesoef

Wartamelayu.com, Jakarta – Salah satu sifat yang sangat terpuji adalah menjadi pemaaf kepada sesama.  Ini adalah pekerjaan yang gampang-gampang sulit. Atasan di kantor, yang pemarah, akan mudah tersulut amarahnya jika melihat bawahannya kurang maksimal melaksanakan tugas-tugas kerjanya. Ketika para atasan memberi maaf sambil memotivasi agar lebih  giat lagi, di situlah peran positif yang akan mendapat apreasisi dari bawahan. Jadi atasan tidak perlu marah-marah, apalagi tidak mau memaafkan kesalahan bawahan. Begitu pula dalam pergaulan sosial, menahan marah dan sekaligus membuka pintu maaf adalah sesuatu yang sangat dianjurkan oleh Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Salam.

Dalam sebuah hadits yang dinarasikan oleh Ibnu Abbas, Rasulullah  bersabda, “Kelak pada hari kiamat, ada pemanggil yang menyeru, ‘Dimanakah orang-orang yang memaafkan orang lain? Kemarilah kepada Rabb kalian dan ambillah pahala kalian!’ Bagi setiap muslim yang suka memaafkan maka Allah memasukkan dia ke dalam Surganya.”

Di riwayat yang lain, Rasulullah bersabda, “Barangsiapa yang ingin dibangunkan baginya bangnan di surga, hendaknya ia memafkan orang yang mendzaliminya, memberi orang yang bakhil padanya dan menyambung silaturahmi kepada orang yang memutuskannya.” (HR. Imam Thabrani).

Allah Subhanahu wa Ta’ala juga secara khusus memberi apresiasi kepada para pemaaf, sebagaimana tersebut dalam Al-Quran surah Ali Imron ayat 133-134:

“Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Tuhanmu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertakwa, (yaitu) orang-orang yang menafkahkan (hartanya), baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan (kesalahan) orang. Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan.”

Menahan amarah dan memaafkan orang lain adalah ciri dari mereka yang bertakwa, calon penghuni surga. (RAP/HMJ/INI Network)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close