Nusantara

Soal Bahaya Rokok Elektrik, Ini Kata Pengguna Vape

 

Oleh: Rio AP

Wartamelayu.com, Palembang — Ketua Departemen Pulmonologi Fakultas Kesokteran Universitas Indonesia (UI), Dr dr Agus Dwi Susanto menjelaskan sifat iritatif dan oksidatif yang dihasilkan kandungan vape menjadi alasan rokok elektrik ini berbahaya. Artinya vape berbahaya? Lalu, apa pendapat pengguna rokok elektrik.

Menurut Toriq Abdullah (22), ia sudah menggunakan rokok elektrik sejak sejak awal tahun ini. Dia menilai, selama menggunakan rokok elektrik tersebut ia tetap sehat dan tak ada masalah.

“Kalau saya aman-aman saja. Idak bahayo (tidak bahaya). Alhamdulillah, buktinya sampai sekarang masih sehat,” ujar dia kepada wartamelayu.com di Palembang, Jumat (20/9).

Dia mengatakan, jika disuruh memilih antara rokok elektrik atau rokok konvesional, dia lebih memilih rokok elektrik. Menurutnya, vape lebih aman dibanding rokok konvesional.

“Mending vape, enak ada rasanya, bisa ganti-ganti rasa, terus asap seperti rokok-rokok batangan itu,” katanya.

Hal sama disampaikan pengguna vape asal Palembang, Fajri. Dia menyebut, sudah menggunakan rokok elektrik tersebut bertahun-tahun dan sampai saat ini dirinya tak khawatir dengan bahaya vape.

“Kan kalau vape yang diirup kan uap air bukan asap seperti rokok-rokok batangan. Menurut saya vape itu aman tidak berbahaya,” kata dia.

Bukan hanya itu, kata dia, uap yang juga dihasilkan vape tak membahayakan orang sekitar dibanding rokok konvesional. Dia pun mengatakan, dalam penggunaan vape pun tetap memperhatikan perawatan.

“Setiap hari kapas yang saya pakai pasti diganti karena kalau gak pasti udah beda rasanya, kawatnya juga dibersihin,” ujarnya.

Untuk diketahui, pada pekan lalu laporan The Washington Post menyebutkan 354 kasus penyakit paru-paru di 29 negara bagian Amerika Serikat yang dikaitkan dengan perilaku vaping.

Akibat hal itu, pemerintah Amerika Serikat mengumumkan rencana larangan penggunaan vape berasal buah dan mentol, atau hanya rasa tembakau yang diperbolehkan beredar. (RAP)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close