Ekonomi

Sumsel Buka Peluang Kerja Sama Keuangan Syariah dengan BSM

Oleh: Rio AP

Wartamelayu.com, Palembang — Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan membuka peluang untuk kerja sama terhadap sistem penerapan keuangan berbasis syariah di lingkup kerja wilayahnya. Ini menyusul adanya tawaran kerja sama dari Bank Syariah Mandiri (BSM) Regional Sumatera Selatan.

Wakil Gubernur Sumatera Selatan, Mawardi Yahya, mengatakan akan mendukung sistem penerapan kerja keuangan berbasis syariah tersebut. Menurutnya, ia tertarik dengan apa yang disampaikan dan ingin ada pembahasan lanjut untuk hal ini.

Adapun beberapa produk yang ditawarkan Bank Syariah Mandiri dalam program kerja sama dengan ASN Pemprov, kata dia, di antaranya perencanaan keuangan syariah, pemberdayaan sistem cara kerja syariah serta pemberangkatan umroh dan haji.

Baca Juga

Ekonomi Syariah Terus Digencarkan di Sumsel

Memudahkan Nasabah, Mandiri Syariah Perluas Layanan Digital di Aceh

“Paling tidak sedikit jajaran pegawai kan belum paham tentang hal ini. Ada beberapa item yang menjadi dambaan pegawai, seperti memiliki rumah, berangkat haji dan serta memiliki kendaraan,” ujar dia di Palembang, Jumat (2/8).

Menurut dia, pihaknya juga meminta Bank syariah Mandiri mendukung program projek pemerintah serta unsur-unsurnya di pemerintahan, seperti di lembaga penelitian dan perkembangan mengupayakan pemberdayaan masyarakat dan menerapkan sistem syariah.

“Tidak perlu modal besar karena fasilitasnya, tapi cara pengelolaan operasionalnya sampai ke berhasil, nanti bila perlu kita libatkan Unsri untuk membantu kita mempromosikan perekonomian syariah,” kata dia.

Sementara itu, Regional CEO Bank Syariah Mandiri Sumsel, Dedy Suryadi Dharmawangsa, menjelaskan pihaknya akan membuat seminar bersama para ASN dengan memperkenalkan program satu keluarga 1 kilo yakni dengan memperkenalkan perencanaan keuangan syariah berbasis emas.

“Supaya pegawai ini jangan cuma menabung uang, tapi juga untuk memiliki emas di masa depan. Karena harga emas itu stabil, kalau uang itu akan terjadi inflasi, maka pegawai negeri akan memiliki emas, kita akan jelaskan bagaimana tata caranya,” ucap dia.

Ia juga menambahkan, bila sudah mendapatkan lampu hijau atau izin dari Pemerintah, pihaknya akan masif atau lebih lengkap lagi untuk bisa memperkenalkan tata cara syariah, sehubungan juga Pemerintah Pusat telah mendukung bank syariah itu harus lebih berkembang.

“Kalau di wilayah lain di luar Sumsel sudah jalan, mudah-mudahan pertemuan hari ini menjadi pintu kita untuk bisa menjadi penetrasi dan memperkenalkan syariah di Sumatera Selatan,” tuturnya. (RAP)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close