News

Tanggapan Rais Syuriyah PWNU Sumsel soal Ceramah UAS

 

Oleh: Rio AP

Wartamelayu.com, Palembang — Ceramah dari kondang Ustaz Abdul Somad (UAS) menuai protes baru-baru ini hingga dilaporkan ke pihak kepolisian. Menyikapi hal itu, Rais Syuriyah Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Sumatera Selatan, Kh Affandi akhirnya angkat bicara.

Menurut Kh Affandi, pihaknya meminta masyarakat khususnya masyarakat Sumatera Selatan agar tidak terpancing untuk berlaku di luar kendali. Dia pun menyebut bahwa ceramah itu merupakan ke khilafan dari Ustaz Abdul Somad.

“Ceramah itu jelas khilaf, katena tugas ulama harus seperti nabi kita Muhammad. Untuk masyarakat jangan sampai terpancing, seharusnya kita nahdiyin harus menahan diri. Toleransi penting, kita kembalikan kepada Allah,” ujar dia di Palembang, Rabu (21/8) petang.

Dia mengatakan, jika ceramah UAS tersebut hanyalah ke khilafan yang biasa dilakukan manusia, apalagi seorang penceramah juga seorang manusia yang tidak lepas dari kesalahan.

“Apa yang saya ikuti dari yang disampaikan kan dia (UAS) selama ini baik-baik saja, mungkin terjebak khilaf, manusia kadang-kadang keliru,” ucap dia.

Mengenai laporan ke Bareskrim, Kh Affandi meminta semua pihak menyerahkan proses hukum tersebut ke kepolisian untuk menilai dari segi hukum bersalah atau tidaknya.

“Soal laporan ke polisi, saya tidak tahu sejauh mana. Polisi ada hak untuk menyelidiki dan menghukum salah atau tidak. Mungkin hanya keliru,” tutur dia. (RAP)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close