Ekonomi

Tekstil, Fashion, dan Kuliner Khas Sumsel Akan Dipamerkan di Jakarta

 

Oleh: Rio AP

Wartamelayu.com, Palembang — Festival Sriwijaya Exhibition tahun ini akan digelar pada Oktober 2019 di Jakarta tepatnya di Plaza Lobi Kementerian Perindustrian. Dalam kesempatan itu, Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan akan memamerkan mulai dari tekstil, fashion, dan kuliner khas wilayah ini.

Kepala Biro Ekonomi Setda Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan, Afrian Joni, mengatakan selain memamerkan itu, pihaknya pun bakal menampilakan beberapa keterampilan lainya. Dia menyebut, di festival nanti pihaknya menyiapkan sebanyak 42 stand.

“Jadi, dalam festival itu memang untuk memperkenalkan produk unggulan asal Sumatera Selatan di Jakarta,” ujar dia di Palembang, Rabu (25/9).

Dikatakan dia, adapun tujuan diadakan Festival Sriwijaya Exhibition untuk mempromosikan produk Sumatera Selatan. Menurutnya, bahwa kegiatan expo di wilayahnya sudah sering digelar seperti Sriwijaya Expo, Bumi Sriwijaya Expo dan lainnya.

“Kalau Sriwijaya Exhibition ini kita yang mendekati pasar. Produk kita ini harus dikenalkan ke luar. Kementerian Perindustrian menyiapkan stand-nya dan Provinsi Sumsel sebagai penyelengaranya,” ucap dia.

Dia pun menambahkan, Festival Sriwijaya Exhibition ini bukan hanya melibatkan pemerintah daerah dari 17 kabupaten dan kota di Sumatera Selatan, tapi juga Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang akan dilibatkan.

“Sejauh ini sudah ada tujuh kabupaten dan kota yang mendaftar, dan 64 UKM yang akan kita libatkan. Baik dari masyarakat umum, OPD-OPD hingga mitra-mitra binaan dari BUMN/BUMD dengan berbagai produk,” katanya.

Sementara itu, Kabag Produksi Biro Ekonomi Provinsi Sumsel, Murry Alfiansyah, menjelaskan bahwa jika featival tersebut akan dilaksanakan selama empat hari mulai dari 8 sampai 11 Oktober mendatang.

“Temanya fashion, tekstil, dan kuliner. Contohnya produk songket, jumputan, tenun, produk yang menggunakan pewarna alam dan lainnya. Kemudian, kulinernya seperti pempek, model, bolu, dodol dan sebagainya. Selain itu juga seperti kopi dan masih banyak lagi,” tuturnya. (RAP)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close