Nusantara

Tergoda Motor dan Mobil Murah di Facebook, Warga Palembang Tertipu

Oleh: Rio AP

Wartamelayu.com, Palembang — Gara-gara tergiur kendaraan roda empat dan roda dua yang dijual murah di sebuah postingan media sosial, Facebook. Warga Palembang, Erlan Adi Sucipto (48) malah tertipu dan mengalami kerugian sebesar Rp6 juta.

Kasus penipuan tersebut terungkap setelah korban yang tercatat tinggal di Lorong Perguruan, Kelurahan Plaju Ulu, Kecamatan Plaju, Kota Palembang melaporkan kejadian yang dialaminya ke Sentra Kepolisian Terpadu (SPKT) Polresta Palembang, Rabu (14/8).

Dia menceritakan kepada petugas bahwa peristiwa itu bermula saat ia melihat postingan iklan kendaraan yang dijual dengan harga murah di Facebook. Dalam postingan itu, untuk monil Daihatsu Grand Max dijual seharga Rp30 juta dan motor Yamaha N-Max dijual seharga Rp5 juta.

“Saat lihat harganya yang sangat murah, saya pun tertarik. Kemudian, saya mencoba mengubungi pemilik akun di Facebook itu karena minat,” ujar dia.

Ia menambahkan, setelah mendapat nomor ponsel penjual, dirinya dan pelaku melakukan negosiasi harga kendaraan tersebut hingga akhirnya sepakat. Selanjutnya, pelaku memintanya untuk mentransfer sejumlah uang sebagai tanda jadi.

“Saya diminta mentransferkan uang sebesar Rp6 juta ke rekening BRI atas nama Deby Apriani sebagai tanda jadi. Uang itu saya transfer melalui ATM di kawasan Plaju Palembang pada Kamis (9/8) lalu, sekitar pukul 09.00 WIB,” katanya.

“Habis saya transfer dan menghubungi pelaku, dia bilang barang akan segera dikirim. Tapi beberapa jam kemudian, dia menelpon dan meminta transfer uang Rp6 juta lagi untuk keperluan berkas kedua kendaraan itu. Saya mulai curiga, tapi kali ini tidak saya transfer dan saat saya hubungi lagi tidak aktif lagi nomornya,” ucap dia.

Sementara itu, Kasat Reskrim Polresta Palembang, Kompol Yon Edi Winara, melalui Kasubag Humas Iptu Tohirin, membenarkan adanya laporan terkait penipuan dan penggelapan yang dialami korban. “Saat ini laporan korban sudah kami terima. Selanjutnya laporan tersebut segera kita tindak lanjuti,” tuturnya. (RAP)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close