Khazanah

Terjaga dari Nafsu dan Gangguan Setan

Oleh: Herry M Joesoef

Wartamelayu.com, Jakarta – Ada dua hal yang membawa kepada keburukan di dunia ini. Kedua hal tersebut adalah nafsu dan setan. Dalam Al-Quran surah Yusuf ayat 53 secara tersurat Allah menginformasikan kepada kita, bahwa hanya nafsu yang diberi rahmat oleh Allah Ta’ala yang tidak membawa kepada kerusakan. Adapun setan, hanya akan menyuruh berbuat jahat dan keji, sebagaimana tersurat dalam Al-Baqarah ayat 169.

Oleh sebab itu, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Sallam mengajarkan kepada kita agar membaca doa-doa penangkal, sebagaimana hadits yang narasinya disampaikan oleh Abu Bakar, ketika ia bertanya, “Ya Rasulullah, ajarkan kepadaku ucapan yang dapat aku ucapkan di waktu pagi dan sore hari.” Beliau menjawab, “Wahai Abu Bakar, katakanlah, ‘Ya Allah, Dzat yang menciptakan langit dan bumi, mengetahui yang ghaib dan nyata, tiada sesembahan melainkan Engkau, Rabb segala sesuatu dan pemiliknya; aku memohon perlindungan kepada-Mu dari keburukan nafsuku, keburukan setan dan kesyirikannya, dan aku memohon perlindungan kepada-Mu agar tidak berbuat buruk atas diriku atau kepada orang lain’.” Dalam riwayat yang lain ada tambahannya, “Bacalah doa tersebut ketika pagi, sore, dan hendak tidur.” (HR. Imam at-Tirmidzi)

Inilah doa yang diajarkan oleh Rasulullah kepada seorang Sahabat utama beliau, Abu Bakar ash-Siddiq. Jika Abu Bakar yang mulia saja masih memerlukan doa seperti itu, apalagi kita, umat akhir zaman, yang kualitas keimanannya jauh di bawah generasi sahabat, tentu lebih membutuhkannya.

Baca Juga

Islam Melarang Menyiksa Hewan

Nabi Mengajarkan untuk Hemat Gunakan Air

Karena itu, jadikan doa tersebut sebagai pelengkap aktifitas kita di pagi hari, sore hari, dan ketika hendak tidur. Dengan demikian, kita akan senantiasa dijaga dan dipelihara dari nafsu yang merusak, dan setan yang selalu mengajak pada kejahatan. (RAP/HMJ/INI Network)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close