Tips-tips

THR Cair? Yuk Ikuti Tips Belanja Lebaran Hemat Ini

Oleh: Andryanto S

Wartamelayu.com, Jakarta – Hari ini adalah hari yang indah dan cerah bagi pegawai negeri sipil (PNS), mengingat tunjangan hari raya (THR) mulai cair. Seperti dijelaskan oleh Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati, seluruh Kantor Pelayanan Pembendaharaan Negara (KPPN) di wilayah Tanah Air hari ini mulai mencairkan THR bagi PNS.

Setelah THR cair, tentu masyarakat banyak yang ingin menghabiskannya untuk berbelanja, entah itu baju baru, belanja makanan untuk Lebaran, persiapan buat parcel, dan lain sebagainya. Tapi, tentu saja salah satu prioritas adalah baju baru untuk seluruh anggota keluarga.

Namun, kesibukan kegiatan sehari-hari jangan sampai membuat Anda lupa waktu untuk menyiapkan belanja prioritas itu. Jangan sampai ada persiapan Lebaran yang terlewatkan karena keasyikan melakukan kegiatan dan jadi lupa waktu. Mendadak sudah di penghujung Ramadhan, dan Anda belum mempersiapkan busana yang akan dikenakan di momen fitri ini. Akhirnya, malah mendapatkan busana yang berkesan seadanya karena sudah tidak ada banyak waktu untuk pilah pilih dan berlari dari satu toko ke toko yang lain.

Khusus untuk kaum perempuan, belanja baju baru tentu memiliki keunikan tersendiri. Berikut beberapa tips berbelanja namun tetap hemat.

1) Manfaatkan Program Diskon

Kalau sudah mendekati Lebaran begini, banyak toko busana baik online atau butik yang menawarkan program diskon. Manfaatkan penawaran diskon-diskon tersebut dengan baik. Jeli dalam melihat tanggal-tanggal di mana store biasanya menawarkan diskon ganda. Biasanya akan terjadi di pertengahan tanggal menuju Lebaran dan satu minggu sebelum Lebaran. Dipantau terus ya.

2) Rajin Mengikuti Lomba

Biasanya, jika ada perayaan dan hari besar seperti Lebaran, banyak brand-brand pakaian yang mengadakan perlombaan. Pantau terus media social Anda, perhatikan jika ada butik-butik atau media yang mengadakan lomba dengan hadiah seperti pakaian dan aksesorisnya. Jangan malas untuk mencoba peruntungan, siapa tahu Anda bisa mendapatkan baju lebaran secara cuma-cuma.

3) Berbelanja di Pusat Grosir

Jangan pernah malu dan menolak belanja di pusat grosir. Karena tidak jarang, koleksi yang Anda lihat di department store juga berasal dari pusat grosir yang diganti label. Anda akan mendapatkan harga lebih murah jika Anda berani menjejaki kaki di antara para retail lainnya. Ajak teman Anda untuk join saat membeli busana. Biasanya di pusat grosir, jika Anda membeli minimal tiga potong pakaian dengan jenis yang sama, penjual akan memberikan Anda harga yang lebih murah.

4) Selektif dalam Memilih

Kosongkan jadwal Anda pada hari di mana Anda sudah berniat untuk berburu pakaian. Lakukan pemilihan dengan sangat selektif, jangan pernah malu dan malas karena melulu dibayangi oleh pramuniaga saat Anda memilih. Jika Anda berhati-hati dalam memilih, Anda akan mendapatkan busana yang menarik dan cantik dengan harga yang murah. Biasanya koleksi terbaik diletakkan pada bagian belakang rak atau di tumpukan paling bawah yang jarang dijamah pembeli lain. Jadi silakan mengintai.

5) Manfaatkan Baju-Baju Koleksi Lama di Lemari

Jika ada waktu luang di akhir pekan, tidak ada salahnya jika Anda memutuskan untuk berdiam diri di rumah saja. Bongkar-bongkar lemari pakaian Anda. Siapa tahu Anda akan berhasil mendapatkan harta karun di dalamnya. Dijamin banyak baju mama yang masih keren untuk dikenakan dengan mungkin beberapa perbaikan.

Atau Anda mungkin lupa sesuatu dalam lemari Anda, baju yang belum pernah terpakai misalnya. Jadi Anda hanya perlu membeli beberapa aksesoris saja untuk mempercantiknya. Tidak perlu membeli baju kan.

Tidak ada salahnya mengikuti beberapa tips ini sebagai petualangan baru. Semoga Anda menikmatinya dan mendapatkan manfaat baik dari tips-tips di atas. (RAp/Dry/INI-Network)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close