NewsNusantara

THR PNS di Palembang Cair 24 Mei, Jatah Honorer Tidak Jelas

 

Oleh: M. Sofuan

Wartamelayu.com, Palembang — Kabar gembira bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang. Pasalnya Tunjangan Hari Raya (THR) bagi PNS sudah dipastikan cair pada 24 Mei nanti. Sementara bagi para honorer belum jelas lantaran masih diusulkan ke walikota.

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKAD) Kota Palembang, Hoyin Rizmu mengatakan, sesuai arahan yang sudah didapat dari Kementerian Dalam Negeri, maka pembayaran THR PNS sudah bisa dilakukan sesuai ketentuan sebelumnya, dikisaran tanggal 24 Mei.

“Sudah ada kepastian, jadi bisa dengan peraturan kepala daerah (Perkada), maka jadwal pembayaran dilakukan sebelum lebaran,” katanya di Palembang, Selasa (21/5).

Sementara untuk honorer Kota Palembang masih menggantung. Pasalnya, untuk kepastian masih menunggu keputusan dari walikota Palembang.

“Kita masih usulkan ke kepala daerah atau walikota, mudah-mudahan dapat, seperti tahun lalu kita anggarkan lewat APBD,” katanya.

Untuk honorer, THR karena dibebankan pada Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD),  maka akan dicatat sebagai belanja barang dan jasa. “Besaran THR sama dengan THR PNS,  yakni satu bulan gaji,” kata dia lagi.

Dia menjelaskan, sama seperti tahun sebelumnya besaran THR yang akan diterima PNS sebesar satu bulan gaji. “Besarannya satu bulan gaji, kalau golongan pegawai bergaji  Rp4 juta maka terimanya senilai itu, hanya di potong PPh jika perhitungan gajinya masuk penghasilan kena pajak,” tuturnya.

Pencairan THR, lanjut Hoyin secara anggaran sudah ada melalui Dana Anggaran Umum (DAU).  “Tahun ini anggaran THR untuk seluruh PNS Palembang mencapai Rp67 miliar,” ujar dia.

Salah seorang honorer yang enggan namanya ditulis dalam pemberitaan ini mengatakan, THR untuk honorer sangat ditunggu sebagai tambahan menghadapi lebaran mengingat banyaknya kebutuhan. (RAP)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close