NewsNusantara

Tiket Pesawat Mahal, Penumpang di Pelabuhan Palembang Melonjak

 

Oleh: Rio AP

Wartamelayu.com, Palembang — Harga tiket pesawat yang melambung tinggi mengalihkan minat masyarakat ke moda angkutan laut. Kepala Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP), Capt Mugen, mengatakan, mahalnya tiket pesawat menjadi salah satu faktor melonjaknya jumlah penumpang di pelabuhan Boom Baru, Kota Palembang.

“Melonjaknya penumpang kapal terlihat dari data jumlah penumpang yang menggunakan jasa kapal cepat di Pelabuhan Boom Baru,” ujar Mugen di Palembang, Selasa (25/6).

Dia menjelaskan, jumlah penumpang di masa angkutan Lebaran tahun ini mencapai 17.008 penumpang atau naik sebesar 14,5 persen. Rinciannya sebanyak 7.149 penumpang yang naik dan 9.586 penumpang turun. Sementara pada masa angkutan Lebaran tahun lalu, jumlahnya 14.924 penumpang dengan rincian sebanyak 6.503 penumpang yang naik dan 8.421 penumpang yang turun.

Baca Juga

60 ‘Crosser’ Dunia Siap Bertanding di Palembang

Festival Bunaken 2019 Digelar Tanggal 17-20 Juli

Selain kenaikan harga tiket pesawat, kata dia, faktor lain yang menyebabkan meningkatnya jumlah penumpang adalah pelayanan yang diberikan pelabuhan kini semakin baik. Mulai dari fasilitas kesehatan, ruang tunggu yang layak, dan berbagai fasilitas lainnya.

“Dengan pelayanan yang semakin baik itu pula menjadikan angkutan laut terus dipilih masyarakat untuk bepergian,” kata dia.

Menurutnya, operator kapal menyediakan sedikitnya 3 kapal cepat yang melayani jurusan Pelabuhan Boom Baru (Palembang)-Pelabuhan Tanjung Kalian (Muntok). Hampir setiap harinya, kapal itu penuh penumpang. Bahkan pada H-7 hingga H+2, operator kapal menambah trip perjalanan menjadi dua kali.

“Itupun di beberapa hari masih ada penumpang yang tidak terakomodir. Sehingga petugas menyarankan mereka untuk naik dari Pelabuhan TAA menggunakan kapal Fery,” katanya.

“Kami harap petugas bisa terus sigap. Pelayanan juga bisa diberikan maksimal. Agar jumlah penumpang terus meningkat,” kata dia lagi. (RAP)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close