Lifestyle

Tips Mengatasi Efek Pusing setelah Makan Daging Kambing

Oleh: Anisa Tri K

Wartamelayu.com, Jakarta – Di hari raya Idul Adha, sajian serba daging tersedia di meja makan. Mulai dari sate kambing, gulai, tongseng hingga sop kambing. Siapa yang tidak tergoda dengan sajian nikmat dari olahan daging ini? Rasanya yang gurih dan lezat, dipadukan rempah yang tepat, membuat siapapun tidak mau berhenti menyantapnya. Namun, tidak semua orang bisa mengonsumsi daging ini. Selain baunya yang anyir, jika terlalu banyak mengonsumsi daging kambing dapat menimbulkan efek pusing.

Penyebab pusing setelah mengonsumsi daging kambing adalah kandungan zat besi yang tinggi. Pakar kesehatan menyebutkan bahwa penyebab dari kepala pusing setelah makan daging kambing ternyata adalah kandungan zat besi, tyramine, dan protein di dalam makanan lezat tersebut. Kandungan ini akan menurunkan asupan gula menuju otak dengan signifikan sehingga kepala pun akan terasa pusing.

Tubuh memang membutuhkan zat besi karena dijadikan bahan untuk memproduksi hemoglobin atau sel darah merah. Hemoglobin inilah yang bertanggung jawab mengalirkan oksigen di dalam darah menuju seluruh penjuru tubuh, termasuk otak. Sayangnya, karena kadar zat besi meningkat dengan tajam, maka hal ini justru akan menyebabkan sakit kepala.

National Poison Control Center menyebutkan bahwa selain sakit kepala atau pusing-pusing, gejala lain dari kelebihan zat besi dalam tubuh adalah mual, tubuh terasa lemah, dan nafas yang lebih pendek. Jika Anda ingin tetap mengonsumsi daging kambing tanpa takut dengan efek negatifnya, berikut tips mengatasi pusing setelah makan daging kambing.

Minum Teh Hangat

Teh dipercaya dapat melarutkan lemak dalam tubuh. Selain itu, kandungan teh juga dipercaya dapat melarutkan zat besi dalam daging kambing. Konsumsi teh panas tawar, sesaat setelah mengonsumsi daging kambing.

Konsumsi Buah

Selain kandungan zat besi yang tinggi, daging kambing juga tinggi kolesterol sehingga menyebabkan pusing setelah mengonsumsinya. Sangat disarankan untuk makan buah seperti semangka, jeruk dan pisang setelah makan daging kambing, karena dapat membantu menetralkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Minum Jus Jeruk

Sangat disarankan untuk minum jus jeruk setelah mengonsumsi daging kambing. Kandungan dalam air jeruk, dapat melunturkan lemak dalam tubuh. Akan lebih baik jika minum jus jeruk tanpa tambahan gula, atau Anda juga dapat minum jeruk hangat.

Konsumsi Bawang Putih

Para ahli menemukan, jika bawang putih memiliki banyak manfaat. Salah satunya adalah mengurangi kadar kolesterol. Setelah makan daging kambing, usahakan untuk mengonsumsi bawang putih mentah. Kolesterol yang perlahan berkurang, ditandai dengan berkurangnya rasa pusing setelah mengonsumsi daging kambing.

Selamat mencoba. (Rap/*/Dry/INI Network)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close