News

Tokoh Lintas Agama Sepakat Menolak Revisi UU KPK

Oleh: Rudi Hasan

Wartamelayu.com, Jakarta – Rencana revisi UU KPK kembali mendapat penolakan. Kali ini, para tokoh lintas agama yang sepakat menolak rencana tersebut. Mereka yang berasal dara pemuka agama Islam, Kristen, Hindu, Budha, Konghucu, menyerukan kepada umat masing-masing menolak revisi UU KPK.

“Kami menyerukan pada umat bahwa Revisi UU KPK ini harus ditolak dan harus digaungkan. Kita mengimbau umat Islam khusus Nadhiyin agar menggaungkan menolak revisi UU KPK,” ujar Ubaidillah dari Lakpesdam PBNU, saat jumpa pers di Gedung KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (10/9).

Perwakilan Konferensi Waligereja Indonesia Romo Heri menyampaikan hal serupa. Doa meyakini umat katolik berpandangan sama dan menolak revisi UU KPK.

Baca Juga

Golkar Ogah Dikait-Kaiitkan Revisi UU KPK

NU Belanda Dukung Penolakan Revisi UU KPK

“Justru umat bergerak duluan. Rakyat mendukung KPK dengan menolak Revisi UU KPK yang akan melemahkan institusi KPK,” kata dia.

Perwakilan Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Yanto Jaya, juga ingin peran KPK dikuatkan. Tak ada pihak yang boleh melemahkan peran lembaga tersebut.

Serupa, perwakilan dari Majelis Tinggi Agama Konghucu Indonesia (Matakin), Peter Lesmana, juga mengimbau umat Konghucu menolak revisi tersebut. Sebab tak ada krbaikan yang dibawa dalam pengubahan aturan itu.

“Bahwa kita semua tahu. Kami dari umat Konghucu Indonesia mengimbau untuk senantiasa mendukung KPK menolak revisi UU yang melemahkan KPK,” kata Peter.

Perwakilan Umat Budha Indonesia (Walubi), Suhadi, mengimbau semua umat Budha menolak revisi itu. Sebab hal ini bertentangan dengan upaya menghadirkan keadilan sosial.

“Tampil rukun bersatu, insan-insan yang punya integritas untuk mendukung upaya-upaya yang baik menuju pencapaian bagi keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia,” kata Suhadi. (RAP/AIJ/INI Network)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close