Nusantara

Tol Terbanggi-Kayu Agung Diresmikan, Ini Kata Gubernur Sumsel

 

Oleh: Rio AP

Wartamelayu.com, Palembang — Jalan tol Trans Sumatera Ruas Terbanggi Besar – Pematang Panggang – Kayu Agung (Terpeka) resmi beroperasi. Ini ditandai usai Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan tol itu di Gerbang Tol Simpang Pematang KM 240, Desa Mulya Agung, Kecamatan Simpang Pematang, Kabupaten Mesuji, Provinsi Lampung, Jumat (15/11).

Gubernur Sumatera Selatan, Herman Deru, menyebut bahwa Presiden Jokowi telah menginisiasi pembangunan jalan tol Lampung sampai Palembang. “Hari ini diresmikan Terbanggi-Kayuagung dan Kapal Betung telah jalan fungsional tentu ini berkah bagi warga Sumatera Selatan,” ujar Herman Deru dalam keterangan tertulis di Palembang.

“Itu (tol Terbanggi-Kayu Agung) mendekatkan Sumatera Selatan dengan Pulau Jawa. Karena adanya tol itu waktu tempuh jika ingin ke Bakauehuni jadinya terpangkas. Intinya energi jadi terhematkan dengan adanya tol ini,” kata dia.

Dia mendorong, sesuai dengan arahan Presiden Jokowi, keberadaan jalan tol itu bertujuan untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi baru, sentra ekonomi baru ke depan dapat segera terwujud.

Karena itu, kata dia, Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan mendukung penuh apapun tujuannya yang berujung pada kesejahteraan rakyat. “Manfaat tol itu begitu besar. Karena itu kita perbesar dengan kita membuat exit-exit menuju centra produksi pertanian, centra produksi kerajinan, dan centra produksi pariwisata,” jelasnya.

Terpisah, Presiden Jokowi menjelaskan, total ruas jalan tol Terbanggi Besar – Pematang Panggang – Kayu Agung sepanjang 189 kilometer itu merupakan jalan tol terpanjang yang pernah diresmikannya. Kemudian, kata dia, ditambah lagi dengan ruas jalan tol Kayuagung – Palembang kemudian jalan tol Palembang – Betung.

“Totalnya 189 kilometer. Ini adalah jalan tol terpanjang yang pernah saya resmikan, kita sambung lagi tol Kayuagung – Palembang, dan Palembang – Betung,” ujar Jokowi. (RAP)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close