Nasional

Wapres Ma’ruf: Sertifikasi Pranikah Itu Penting

Oleh: Rudi Hasan

Wartamelayu.com, Jakarta – Wakil Presiden Ma’ruf Amin berkomentar soal rencana kebijakan sertifikasi pranikah. Dia menyebut sertifikat itu penting untuk orang-orang yang hendak menikah.

“Iyalah, enggak usah takut. Tapi pemahaman membangun rumah tangga yang sakinah, yang siap, menghadapi kemungkinan stunting. Itu yang semuanya harus siap,” ujar Ma’ruf di Jakarta, Jumat (15/11).

Menurut dia, jika memang harus disertifikasi, maka yang disertifikasi adalah kesiapan calon mempelainya, bukan boleh menikah atau tidaknya mereka. Ma’ruf mengatakan, kemampuan dan kesiapan seseorang membina rumah tangga itu penting, dan itu bisa dilihat dari proses sertifikasi.

Dia berpendapat, pernikahan berpengaruh besar terhadap kelangsungan bangsa. Inti dari sertifikasi pranikah adalah menilai kepantasan orang menikah. Jangan sampai pernikahan membawa petaka bagi kedua mempelai. “Bukan berarti yang gak punya sertifikat gak boleh nikah, ini menakutkan. Substansinya yang kita pentingkan,” kata dia.

Ma’ruf menjelaskan, pelatihan pranikah sebagai unsur sertifikasi merupakan hal penting. Sebelum menikah, fisik dan mental calon suami istri sudah dalam kondisi siap. “Terutama dalam menghadapi kemungkinan pencegahan stunting. Stunting itu kan sejak hamil, itu harus diatasi sejak hamil, maka sosialisasinya harus sebelum hamil,” kata Ma’ruf.

Mantan ketua umum MUI itu menuturkan, tujuan akhir dari sertifikasi pranikah adalah bagaimana membangun keluarga yang sejahtera. Bahasa agamanya yakni pernikahan yang sakinah. Sebab, rumah tangga itu unit terkecil dari masyarakat, negara, dan bangsa.

“Kalau rumah tangganya berantakan itu pasti bangsa berantakan. Karena itu unit terkecil ini menjadi penting untuk dipersiapkan. Tapi belum dibicarakan soal sertifikasi belum, belum,” kata Ma’ruf. (RAP/AIJ/INI Network)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close