Tekno

WhatsApp Luncurkan Fitur Baru Batasi Undangan Grup

Oleh: Eko P

Wartamelayu.com, Jakarta – Aplikasi perpesanan instan, WhatsApp, merilis fitur untuk memanjakan penggunanya yang sudah mencapai semiliar lebih atau tepatnya sekitar 1,5 miliar. Fitur yang masih dalam tahap pengembangan ini memungkinkan pengguna untuk melakukan filter atas undangan grup yang masuk dalam handset mereka.

Hal ini membuat pengguna bisa memilih siapa saja yang dapat menggundang mereka masuk ke grup tertentu. Fitur ini akan tersedia jika melakukan pembaruan, mengutip pengumuman WhatsApp Selasa (5/11).

WhatsApp menghadirkan fitur ini sebagai respons atas keluhan pengguna dengan maraknya undangan grup yang tidak diinginkan. Fitur ini dihadirkan untuk menyaring gangguan tersebut.

“Pengguna mengeluhkan mereka tiba-tiba masuk grup tertentu dari kontak yang tidak dikenal,” kutip The Next Web.

Fitur ini kini masih dalam tahap pengembangan dan belum bisa diakses oleh pengguna. Namun ada cara tertentu untuk mengaktifkan fitur tersebut.

Caranya klik Settings, pilih Accounts, Privacy, kemudian Groups. Pengguna akan dihadapkan pada tiga opsi yaitu Everyone, My Contact dan Nobody. Pilihan Nobody diubah menjadi memilih pengecualian lewat menu “My Contact Except”. Versi ini juga telah tersedia dalam aplikasi WhatsApp Beta.

Opsi Everyone berarti pengguna terbuka atas undangan grup dari siapapun.

Untuk “My contact except” pengguna dapat memilih untuk hanya menerima undangan grup dari orang tertentu saja. Bisa juga pengguna hanya bisa diundang oleh kontak tertentu yang ada di daftar kontaknya.

Sementara undangan diluar dari pengaturan tersebut akan masuk dalam pesan privat. Dan hanya akan berlaku selama 72 jam, lewat tenggat waktu tersebut link akan kedaluwarsa.

Melalui fitur ini WhatsApp juga membatasi seorang pengguna dari undangan dari dua orang dalam waktu bersamaan. (RAP/EP/INI Network)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close